Berita TerbaruBerita UtamaManadoPilihan Redaksi

Tradisi Pedang Pora dan Cium Pataka Warnai Penyambutan Pangdam Merdeka

×

Tradisi Pedang Pora dan Cium Pataka Warnai Penyambutan Pangdam Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Momentum penting terjadi di Markas Kodam XIII/Merdeka dengan kedatangan Pangdam XIII/Merdeka yang baru Mayjen TNI Legowo W.R.Jatmiko. Segenap keluarga besar Kodam XIII/Merdeka berkumpul untuk mengikuti tradisi penyambutan dan penerimaan Panglima Kodam XIII/Merdeka yang baru, Rabu (23/8/2023).

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono telah menugaskan Mayjen TNI Legowo W.R.Jatmiko untuk memegang Komando Kodam XIII/Merdeka menggantikan posisi Letjen TNI Alfret Denny Tuejeh yang saat ini akan menjabat Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

MANTOS MANTOS

Rangkaian tradisi penyambutan dan penerimaan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R.Jatmiko bersama Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo Jatmiko dipimpin oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta didampingi Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ipung Luthfie Beta yang diawali dengan laporan perwira jaga dilanjutkan dengan penggalungan bunga dan penyerahan buket bunga sebagai tanda ucapan selamat datang di Makodam XIII/Merdeka, kemudian pelaksanaan hormat berjajar dan laporan dari petugas jaga kesatriaan Makodam XIII/Merdeka.

Selanjutnya Mayjen TNI Legowo W.R.Jatmiko dan Ny Nonny Legowo Jatmiko melaksanakan tradisi melintasi gerbang Pedang Pora dan dilanjutkan dengan upacara penerimaan warga baru Kodam XIII/Merdeka, berupa penciuman pataka Kodam XIII/Merdeka “Jaya Sakti” yang merupakan tradisi bagi setiap pejabat baru yang masuk berdinas di Kodam XIII/Merdeka.

Baca Juga:  Wali Kota Caroll Senduk Hadiri Syukuran HUT ke- 2 Jemaat GMIM Winalian

Suasana penuh semangat dan antusias menyambut kedatangan Pangdam Baru terlihat jelas dari semangat yang diperlihatkan ketika para prajurit menyanyikan lagu “Selamat Datang Bapak Panglima”.

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Arm Beny Hendra Suwardi menjelaskan kegiatan tradisi penyambutan dan penerimaan Pangdam XIII/Merdeka ini merupakan kegiatan yang selalu dilakukan setiap kali hadir seorang pemimpin yang akan menempati jabatan Pangdam XIII/Merdeka.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesan pertama yang baik antara Mayjen TNI Legowo W.R.Jatmiko dengan segenap warga Kodam XIII/Merdeka. Serta dapat menciptakan keakraban penuh dengan kekeluargaan antara pimpinan dengan seluruh Prajurit dan PNS serta Persit Kodam XIII/Merdeka,” jelas Beny.

Dikatakannya, selain itu Mayjen TNI Legowo juga melaksanakan tradisi penciuman pataka Kodam XIII/Merdeka “Jaya Sakti” yang merupakan salah satu upaya untuk menanamkan rasa kebanggaan, kecintaan dan loyalitas kepada satuan.

“Mencium pataka bagi seorang prajurit mengandung makna sebagai bentuk penyatuan diri dengan satuan baru ataupun mencintai satuan baru sebagai tempat pengabdian kepada bangsa dan negara,” pungkas Kapendam XIII/Merdeka.

Usai melaksanakan tradisi penyambutan dan penerimaan, mengawali hari pertama menjabat Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R.Jatmiko melaksanakan entry breefing kepada pejabat Kodam XIII/Merdeka, yakni perkenalan singkat pejabat Kodam XIII/Merdeka, paparan staf dan pemutaran video profil serta pengarahan Pangdam XIII/Merdeka yang baru bertempat di ruang Yudha Makodam XIII/Merdeka.

Baca Juga:  Heboh!! Sambut HUT RI ke-79 Kecamatan Kema Gelar Kegiatan Ini

Sedangkan kegiatan Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka melaksanakan rapat paripurna Persit KCK PD XIII/Merdeka yang diselenggarakan di kantor Persit PD XIII/Merdeka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Peter Sahat Pangabean, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Waaster Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Adityo, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Alexander Manarincing Kapoh, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen, Wadandeninteldam XIII/Merdeka Mayor Cba Novel Maridjan, Kakorum Yonif Raider 712/Wiratama Kapten Inf Yudho Heru, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif Hidayat, Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono dan para Ketua Persit KCK Cabang dan Ranting serta pengurus Persit KCK jajaran PD XIII/Merdeka. (Regwilnnlhy)

 

Example 120x600
Agama

MINAHASA,MANADONEWS.CO.ID- Dalam suasana khidmat dan sederhana, Satuan Teritorial Kodim 1302/Minahasa menggelar kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Mushollah Al Muhajirin Makodim 1302/Minahasa, Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Kecamatan…