Manado

Prajurit Kodam Merdeka Siap Amankan Pemilu 2024

×

Prajurit Kodam Merdeka Siap Amankan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Dalam rangka meyakinkan pesta demokrasi berjalan lancar, Komando Daerah Militer XIII/Merdeka melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024 yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto secara virtual, bertindak sebagai Komandan Apel Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko, Rabu (8/11/2023) di lapangan Makodam XIII/Merdeka.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko menyampaikan bahwa berbagai kesiapan telah dilakukan Kodam XIII/Merdeka dalam mewujudkan pemilu 2024 yang aman dan lancar, yakni pihaknya telah membuat inovasi buku saku yang berisikan pedoman pelaksanaan tugas bagi prajurit Kodam XIII/Merdeka dalam menghadapi pemilu 2024.

MANTOS MANTOS

“Kami juga sudah membuat buku saku Pemilu dan akan didistribusikan kepada anggota yang mengacu pada UU TNI No. 34 tahun 2004 dan UU Pemilu tahun 2017, dengan harapan prajurit di lapangan berpedoman kepada buku yang dibuat dan mampu melaksanakan tugas secara optimal,” kata Pangdam.

Baca Juga:  Dorong Peningkatan Capaian Imunisasi HPV di Sulawesi Utara pada BIAS 2024, MSD dan Kementerian Kesehatan Perkuat Edukasi Terkait Kanker Serviks

Sementara itu KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam amanatnya mengatakan, tujuan dari apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengukur kesiapsiagaan satuan TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan tugas yang merupakan komponen utama pertahanan negara, khususnya kesiapan TNI Angkatan Darat dalam mengawal pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada beberapa bulan kedepan.

“Tahun 2023 ini Indonesia memasuki tahun politik, menjelang pemiihan umum 2024 secara serentak. Kondisi ini dikhawatirkan dapat memicu terjadinya polarisasi di tengah masyarakat akibat dari politisasi agama, identitas hingga isu sara. Jika kondisi tersebut berlangsung secara berlarut daat berpotensi memicu konflik dan disintegrasi bangsa. Tentunya kita berharap hal tersebut tidak terjadi dan kita wajib menjaga bersama demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi,” ungkap KASAD.

Pada kesempatan itu KASAD mengajak semua pihak berkomitmen bersama untuk menyatukan tekad melalui deklarasi pemilu damai 2024 untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, dengan harapan seluruh komponen masyarakat yang ada di seluruh Indonesia siap melaksanakan pemilu tahun 2024 yang aman dan damai, guna mewujudkan demokrat yang bermartabat.

Baca Juga:  KKR Tim Komisi Penginjilan GPdI Wilayah Paal Dua, Pujian hingga Kesaksian 

“TNI dan Polri tidak henti hentinya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk ikut andil dalam menciptakan situasi yang kondusif dan sejuk. Saya memastikan bahwa TNI Angkatan Darat menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024,” pungkas mantan Komandan Korem 132/Tadulako tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Wadanrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Daniel Nainggolan Lumbanraja, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, Kakorum Yonif 712/Wirarama Kapten Inf Yudho Heru dan Dankikav 10/MSC Eka Syarif Hidayat Sunarto. (Regwilnnlhy)

Example 120x600
Berita Terbaru

BITUNG,MANADONEWS.CO.ID- Bantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan, Kodam XIII/Merdeka melalui Korem 131/Santiago melaksanakan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA 2024 di wilayah Kodim 1310/Bitung. Kegiatan ini dibuka langsung Komandan Korem (Danrem)…

Berita Terbaru

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) pada upacara 17-an bulan September tahun 2024, bertempat di Makodam XIII/Merdeka, Selasa (17/9/2024). Brigjen…