Berita TerbaruPolitik

Komisioner KPU Minta Masyarakat Jauhi Hoax dan Isu Sara

×

Komisioner KPU Minta Masyarakat Jauhi Hoax dan Isu Sara

Sebarkan artikel ini


Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi perhatian menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menangkal penyebaran berita bohong (hoax) terutama menghadapi Pilkada serentak 23 September 2020.

Menurut Komisioner KPU, Hasyim Asyari, berita bohong dalam bentuk apapun tidak dibenarkan, apalagi bagi bangsa Indonesia yang mayoritas penduduk beragama Islam.

“Kita negara dengan mayoritas umat Islam, jelas agama Islam melarang berita bohong atau fitnah,” kata Hasyim Asyari dalam sebuah diskusi di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (18/2/2020).

Hasyim Asyari mengungkapkan, penggunaan konten kebohongan dan ujaran kebencian berbasis suku, ras, agama dan antar golongan juga sangat dilarang.

“Di UU Pemilu atau Pilkada jelas bahwa menggunakan kebohongan kebencian atau politik SARA untuk menyerang orang lain nyatanya dilarang dan ada ancaman pidananya,” tutur dia.

Hasyim juga berharap jika merujuk pada ajaran agama bahwa fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan, maka para pelaku kejahatan siber dan penyebar informasi hoaks dan SARA harus ditindak dengan tegas.

“Kalau cara berfikir kita fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan, saya setuju kalau orang yang melakukan beginian hukumannya berat,” tegas Hasyim.

(***/YerryPalohoon)

Baca Juga:  Kembali Satgas Pamtas Yonif 715/Motuliato Borong Hasil Kebun Mama Papua

MANTOS MANTOS


Example 120x600
Agama

MINAHASA,MANADONEWS.CO.ID- Dalam suasana khidmat dan sederhana, Satuan Teritorial Kodim 1302/Minahasa menggelar kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Mushollah Al Muhajirin Makodim 1302/Minahasa, Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Kecamatan…