Berita TerbaruBerita UtamaManadoPendidikan

Batas Akhir 31 Agustus VaSung : Dana BOS Terancam Tidak Cair Jika Kepsek dan Operator Sekolah Belum Lakukan Sinkronisasi

×

Batas Akhir 31 Agustus VaSung : Dana BOS Terancam Tidak Cair Jika Kepsek dan Operator Sekolah Belum Lakukan Sinkronisasi

Sebarkan artikel ini
Vanda Sarundajang

MANADO, MANADONEWS.CO.ID – Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) Vanda Sarundajang (VaSung) mengingatkan kepada stakeholder pendidikan di Sulut, terutama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten Kota termasuk kepala satuan pendidikan atau Kepala Sekolah terkait batas akhir sinkronisasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Melalui siaran pers, Rabu (23/08/2023) Vasung menegaskan sesuai Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2022, batas akhir sinkronisasi Dapodik jatuh pada tanggal 31 Agustus 2023.

MANTOS MANTOS

“Oleh karena itu kepala satuan pendidikan atau Kepala Sekolah harus memastikan ke operator sekolah bahwa Dapodiknya sudah disinkronisasi dan memastikan sudah ada notifikasi berhasil disinkronisasikan.” tukas  personil Fraksi PDI Perjuangan itu.

Jika masih ada warna merah saat melakukan input data, kata Vasung, berarti masih ada item yang belum lengkap sehingga perlu diperbaiki.

Baca Juga:  Letkol Inf Madiyan Surya Jadi Komandan Upacara Peringatan Proklamasi ke-79 di Kantor Gubernur Sulut

“Sinkronisasi Dapodik ini sangat penting karena menjadi salah satu prasyarat untuk pencairan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).” tukas Anggota DPR RI tiga periode itu.

Koordinator penyaluran dan penyerapan aspirasi PIP Vanda Sarundajang se Sulawesi Utara Torry Kojongian menambahkan apabila data peserta didik tidak tersinkronisasi sampai 31 Agustus nanti, maka yang akan di rugikan adalah Sekolah, peserta didik dan orang tua siswa.

“Karena dana BOS tidak dapat dicairkan dan Program Indonesia Pintar (PIP) tidak bisa diusulkan/diinput sebagai calon penerima PIP.” terang Kojongian.

Untuk itu, kerjasama dan sinergitas antar stakeholder pendidikan, menurut Kojongian, menjadi sangat penting dalam perealisasian PIP.

Example 120x600
Agama

MINAHASA,MANADONEWS.CO.ID- Dalam suasana khidmat dan sederhana, Satuan Teritorial Kodim 1302/Minahasa menggelar kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Mushollah Al Muhajirin Makodim 1302/Minahasa, Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Kecamatan…