Berita TerbaruBerita UtamaMinselPilihan Redaksi

Batalyon Zeni Tempur 19 Yudha Karya Nyata Sukseskan Penanaman 5000 Pohon Mangrove di Kabupaten Minsel

×

Batalyon Zeni Tempur 19 Yudha Karya Nyata Sukseskan Penanaman 5000 Pohon Mangrove di Kabupaten Minsel

Sebarkan artikel ini

MINSEL,MANADONEWS.CO.ID– Sebagai wujud nyata program Kepala staf Angkatan Darat (Kasad) yaitu TNI Angkatan Darat bersama rakyat bersatu dengan alam untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang di implementasikan oleh Pangdam XIII/Merdeka dengan memerintahkan seluruh jajarannya untuk melaksanakan program pembersihan pantai dan penanaman Mangrove, ditindaklanjuti oleh segenap prajurit Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 19/Yudha Karya Nyata (YKN) dengan penuh semangat bahu membahu mensukseskan kegiatan pembersihan pantai dan penanaman 5000 pohon mangrove dalam rangka karya bakti terpadu Kodam XIII/Merdeka.

Kegiatan yang dilaksanakan terpusat di pantai Desa Arakan Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan, pada Jumat (26/1/2024) tersebut dipimpin langsung Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko S.IP.,M.M bersama Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo didampingi Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, S.T., M.I.P beserta Ketua Persit KCK Cabang LXXIII Yonzipur 19 PD XIII/Merdeka Ny Cory Nazarudin, mencakup tiga sasaran yakni, pembersihan pesisir pantai, penanaman pohon bakau (mangrove), dan bakti sosial berupa pemberian bantuan paket sembako dan paket gizi stunting serta pengobatan gratis.

MANTOS MANTOS

Pada kesempatan tersebut, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, S.T., M.I.P mengungkapkan bahwa, kegiatan penanaman pohon mangrove ini sebagai bentuk kepedulian prajurit Batalyon Zeni Tempur 19/Yudha Karya Nyata terhadap lingkungan hidup, dengan tujuan untuk menjaga keanekaragaman hayati yang dilindungi dan juga mencegah abrasi serta mengembangkan potensi wisata dan ekonomi berbasis mangrove.

Baca Juga:  KPU Sangihe Minta Petunjuk KPU RI Terkait Agenda Sosialisasi Pendidikan Pemilih

“Selain wujud kepedulian TNI dan bentuk pelestarian lingkungan, tujuan utama penanaman mangrove adalah melindungi garis pantai dari abrasi sehingga kedepannya akan berdampak positif dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat khususnya generasi yang akan datang,” ujar Danyonzipur.

Dikatakan Letkol Czi Nazarudin, S.T., M.I.P, kegiatan penanaman mangrove ini selaras dengan instruksi dan perintah harian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi satuan, masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga keberadaan TNI Angkatan Darat bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Selain itu juga sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri bersama pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan melestarikan alam melalui penghijauan kembali di daerah pesisir pantai.

“Kegiatan ini juga berguna untuk menumbuh suburkan semangat kebersamaan dan semangat gotong royong antara TNI-Polri dan masyarakat serta pemerintah daerah demi menciptakan jiwa kesatuan, dengan demikian akan semakin memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” pungkas mantan Irdyaperslog It Divif 3 Kostrad.

Baca Juga:  Keren, Denny Tuejeh Berikan Motivasi kepada Mahasiswa Unima

Kegiatan yang bertajuk “Kodam XIII/Merdeka Peduli Mangrove” ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono S.Sos., M.I.P, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Syarifudin, Aspers Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Yulian Iskandar, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Kasiter Kasrem 131Santiago Kolonel Kav Dany Hermawan, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Lo AL, AU Kodam XIII/Merdeka, Kapuskodalops Kodam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas, Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif,
Danpos TNI AL Arakan Letda Laut (P) Recky Rambing, Plt Ketua Dewan Stevanus Lumowa, Ketua Pengadilan Negeri Amurang Junita Beatrix Ma’i, Kajari Minsel La Ode Muhammad Nusrim, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Nicolas Loli, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, Ketua Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono, para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran. (Regwilnnlhy)

Example 120x600
Berita Terbaru

Steven Kandouw Hadir di Job Fair Unsrat 2024 Manado, Manadonews.co.id – Wakil Gubernur Sulut, Drs. Steven Kandouw, mengatakan niat mencari pekerjaan sebaiknya sejak awal perkuliahan.   Hal ini diungkapkan Steven…