Berita TerbaruBerita UtamaGorontaloPilihan Redaksi

Pangdam Merdeka Ikuti Vicon Peresmian Fasilitas Air Bersih Oleh Kasad

×

Pangdam Merdeka Ikuti Vicon Peresmian Fasilitas Air Bersih Oleh Kasad

Sebarkan artikel ini

GORONTALO,MANADONEWS.CO.IDPangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko mengikuti kegiatan Video Conference dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dalam rangka launching Program TNI AD Manunggal Air dan peresmian 1.898 titik air serta bakti sosial, Selasa (6/2/2024) di Desa Pontolo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo.

Launching Program TNI AD Manunggal Air dan peresmian 1.898 titik air dilakukan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dari Kabupaten Halmahera Utara dengan diikuti seluruh Kotama di seluruh Indonesia.

MANTOS MANTOS

Dalam kesempatan ini, Pangdam XIII/Merdeka didampingi Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, Kabinda Gorontalo Khairul Amir, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr.I Gede Putu Arsana, para Kasi Kasrem 133/Nani Wartabone, Danbrigif 22/Otamanasa Letkol Inf M Effendi, Dandim 1314/Gorut Letkol Inf Rayner Wajong dan Danyonif 715/Motuliato Letkol Inf Dwi Hartanto serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjutak menyampaikan, disamping kegiatan sosial yang terus dilaksanakan, ada beberapa yang menjadi program utama di Angkatan Darat, yaitu tentang air bersih, menjaga alam dan juga pembukaan lahan serta penanganan sampah massal.

“Antara kemiskinan dan stunting itu identik dengan air bersih, sehingga kami berkomitmen untuk terus mengadakan air bersih untuk masyarakat, dan itu semua dapat terlaksana apabila ada kerjasama dari semua unsur yang ada, apabila hal ini dapat kita kerjakan di daerah daerah saya yakin percepatan peningkatan perekonomian masyarakat pasti akan cepat tercapai,” kata Kasad.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko mengatakan, peresmian tersebut dilakukan serentak dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang digelar melalui Video Conference.

Baca Juga:  Satgas Pamputer Kodam XIII/Merdeka Mengajar Anak Sekolah di Kepulauan Talaud

“Bapak Ibu sekalian tadi kita sudah saksikan bersama bahwa kita diajak oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Darat untuk bersahabat dan mencintai alam, karena alam menjadi dokter bagi kita yang telah memberikan kehidupan,” kata Pangdam.

Dikatakan Pangdam, pada kegiatan hari ini Kasad menekankan tentang pentingnya air bersih.

“Saya pilih di Dusun Dungalio untuk menyelenggarakan kegiatan Manunggal Air karena di sini sama dengan daerah di Nusa Tenggara Timur tempat saya dulu bertugas, dan sesuai dengan pengamatan saya Dusun Dungalio Desa Pontolo memiliki tanah yang subur sangat bagus untuk sektor pertanian khususnya untuk menanam jagung, namun terkendala dengan sumber air yang jauh sehingga perlunya disiapkan pompa Hidran agar dapat memasok air bersih untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari serta keperluan pertanian,” ujar Legowo.

Ia selaku Pangdam XIII/Merdeka mengaku perlu menyampaikan kepada yang mewakili Bupati Kabupaten Gorontalo utara bahwa dalam pemeliharaan program Pamsimas itu memang perlu tenaga yang profesional, serta kepedulian masyarakat dalam pemeliharaannya bisa kerja sama dengan Babinsa atau Babinkamtibmas untuk merawat infrastruktur yang telah dibangun.

“Seperti kita ketahui bersama anggaran kegiatan TNI AD Manunggal Air tersebut menggunakan anggaran dari pemerintah sehingga perlunya kesadaran bersama dalam perawatanya,” kata Pangdam.

Diakhir sambutannya, Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko selaku Pangdam XIII/Merdeka mengajak seluruh komponen masyarakat di Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara khususnya, untuk melaksanakan dan mensukseskan pesta demokrasi dengan cara melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah dijadwalkan 14 Februari 2024 di Desa masing-masing dengan tetap menjaga kondisi agar tetap kondusif.

Baca Juga:  Pangdam Merdeka Resmikan Program RTLH Bagi Veteran PKRI

“Seperti kita ketahui bersama situasi politik saat ini agak memanas, untuk itu saya selaku Pangdam XIII/Merdeka menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah terprovokasi dengan berita Hoax terkait Pemilu 2024. Mari kita ciptakan kedamaian dan kenyamanan di tengah penyelenggaraan pesta demokrasi ini sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkas Pati TNI Angkatan Darat lulusan Akmil 1998B.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gorontalo Utara Sualimaan Lakoro mewakili Pj. Bupati Kabupaten Gorontalo Utara menyampaikan, program TNI AD Manunggal Air tahun 2024 menjadi bukti Kemanunggalan TNI dan Rakyat, diharapkan dengan adanya program TNI AD Manunggal Air ini dapat mendukung ketersedian air bersih, baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari juga untuk keperluan pertanian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Kami sampaikan kepada bapak Pangdam XIII/Merdeka, Insya Allah setelah proyek yang dikerjakan jajaran TNI Angkatan Darat bersama masyarakat ini, kami pemerintah daerah akan melanjutkan khususnya penyediaan air bersih,” tandas Lakoro.

Selain kegiatan launching TNI AD Manunggal Air, pada kesempatan ini, sebagai wujud kepedulian Kodam XIII/Merdeka melalui Korem 133/Nani Wartabone dan jajaran terhadap kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara khususnya di Dusun Dungalio, kami juga menggelar kegiatan pemberian paket sembako untuk masyarakat yang kurang mampu. (Regwilnnlhy)

Example 120x600
Berita Terbaru

Manado, Manadonews.co.id – Di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), pertanian jadi salah satu sektor yang mendapatkan perhatian serius. Wakil Gubernur Steven Kandouw menyerahkan bantuan…