Berita TerbaruBerita UtamaManadoPilihan RedaksiSulawesi Utara

Peringati HUT Kodam XIII/Merdeka ke-66, Pangdam Didampingi Ketua Persit Daerah Merdeka Potong Tumpeng

×

Peringati HUT Kodam XIII/Merdeka ke-66, Pangdam Didampingi Ketua Persit Daerah Merdeka Potong Tumpeng

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya didampingi Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Fenty Candra hari ini memimpin syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kodam XIII/Merdeka.

Puncak HUT ke-66 Kodam XIII/Merdeka yang dipusatkan di Markas Kodam XIII/Merdeka diawali dengan pemutaran video lintas sejarah perjalanan dan Dharma Bakti satuan Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka.

MANTOS MANTOS

Sejumlah sesepuh Kodam XIII/Merdeka turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Mayjen (Purn) Frangki Wanti Waraney Mamahit, Brigjen (Purn) (K) Theresia Abraham, Brigjen (Purn) Yori Tuwaidan, Kolonel (Purn) Vipy Amuranto, Kolonel (Purn) Marthen Paputungan, Kolonel (Purn) Romel Kairupan.

Dalam acara syukuran yang sederhana dan penuh kekeluargaan tersebut, sebagai wujud syukur dan bertambahnya usia dengan segala keberhasilan tugas, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya didampingi Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Fenty Candra beserta Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto dan Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus memotong tumpeng kemudian diserahkan kepada prajurit Kodam XIII/Merdeka, diantaranya Kapten Caj Matius Sakobar, Pelda Rustiono, Kopka Ahmad Rasid Sahli dan PNS Deitje Emmy Suak.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengucapkan dirgahayu Kodam XIII/Merdeka ke-66 kepada keluarga besar Kodam XIII/Merdeka dimana saja berada dan bertugas.

“Acara syukuran ini merupakan wujud ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan nikmat yang telah dianugerahkannya, sehingga di usia yang ke-66 Kodam XIII/Merdeka dapat terus eksis mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara Indonesia tercinta,” kata Pangdam.

Pangdam mengatakan, sebagai tekad dan komitmen Kodam XIII/Merdeka dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 tahun 2024 mengusung tema Kodam XIII/Merdeka siap mewujudkan pertahanan tangguh untuk indonesia maju.

Baca Juga:  Ketua KPU Sangihe Lantik Petugas Pantarlih

Tema ini secara tidak langsung merefleksikan niat, tekad dan komitmen Kodam XIII/Merdeka untuk selalu ingin memberikan pengabdian yang terbaik dengan dilandasi keikhlasan sehingga prajurit Kodam XIII/Merdeka menjadi semakin Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif.

“Saat ini seluruh satuan di TNI Angkatan Darat khususnya Batalyon Satuan Tempur (Satpur) dan Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) sudah ada program latihan untuk meningkatkan profesionalitas diantaranya adalah latihan sistem blok dan itu sudah kita laksanakan. Sistem blok itu artinya ada waktu dan ruang tertentu bagi prajurit dibagi pentahapan pentahapan, ada latihan fisik, latihan kemampuan teknis militer dan latihan militer lainnya, kemudian alutsista dan kelengkapan yang lainnya juga semakin lama kita lengkapi,” ungkap mantan Kadispenad itu.

Mantan Danpussenarhanud ini, berharap Kodam XIII/Merdeka kedepan semakin berkembang dan mampu menjalankan tugas dan amanah negara yang diemban.

“Selaku pribadi dan atas nama Kodam XIII/Merdeka, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus dan setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung kami selama ini, sehingga Kodam XIII/Merdeka dapat melaksanakan tugas tugas yang diemban dengan baik,” tandas Pangdam XIII/Merdeka.

Acara syukuran juga diisi dengan persembahan tari Maengket yang dibawakan oleh Sanggar Somborum serta penampilan tarian kreasi yang dibawakan oleh satuan Yonif 712/Wiratama, Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata dan Kikav 10/Manguni Setia Cakti.

Pada acara tersebut, juga dilaksanakan acara penyerahan penghargaan kepada Pensiun TNI dan PNS, penyerahan bingkisan atau tali asih kepada Veteran dan Warakawuri serta pemberian hadiah pemenang lomba.

Untuk diketahui, Kodam XIII/Merdeka pernah dibentuk untuk mengawal teritorial Sulawesi Utara namun ditutup pada tahun 1985.Tetapi karena perkembangan situasi sekarang dibentuklah kembali Kodam XIII/Merdeka yang merupakan Alih Kodal dari Kodam VII/Wirabuana berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Keputusan 33 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Pengesahan Kodam XIII/Merdeka, untuk menambah kelengkapan dan kekuatan gelar Angkatan Darat di wilayah NKRI khususnya di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono menjadi irup peresmian Kodam XIII/Merdeka diikuti dengan upacara pelantikan Letjen (Purn) Ganip Warsito sebagai Pangdam XIII/Merdeka, pada tanggal 20 Desember 2016 di Lapangan Upacara Markas Kodam XIII/Merdeka Teling, Manado.

Baca Juga:  Korem Santiago Gelar Lomba Cerdas Cermat Bidang Teritorial

Kegiatan ini dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Nouldy Tangka, Danlanudsri Manado Marsma TNI Ramot Sinaga, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan, Kasrem 132/Tadulako Kolonel Inf Antonius Totok Chrishardjoko, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Achmad Marzuki, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Lo AL Kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Kolonel (Pas) M. Fahromy, Kasetumdam XIII/Merdeka Letkol Inf Ayidin Pakaya, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Cke Gerson Kapoh, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick, para Dandim jajaran Korem 131/Santiago, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas, Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Mukhammad Yusron, Danyozipur 19/YKN Letkol Czi Nazaruddin, Danyonarmed 19/Bogani Letkol Arm Dony Romansah, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus dan para Ketua Persit KCK Cabang dan Ranting serta pengurus Persit KCK jajaran PD XIII/Merdeka dan tamu undangan. (Regwilnnlhy)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *