Berita TerbaruBerita UtamaGorontaloPilihan Redaksi

Penyuluhan Hukum, Tekan Angka Pelanggaran Prajurit di Wilayah Kumdam XIII/Merdeka

×

Penyuluhan Hukum, Tekan Angka Pelanggaran Prajurit di Wilayah Kumdam XIII/Merdeka

Sebarkan artikel ini

GORONTALO,MANADONEWS.CO.ID- Tingkatkan kesadaran hukum prajurit serta meminimalisir tingkat pelanggaran di satuan jajaran Hukum Kodam (Kumdam) XIII/Merdeka, Kakumdam XIII/Merdeka Letkol Chk Dr.Chandra Matdung W.P.,S.H.,M.H., memberikan penyuluhan dan asistensi hukum bagi Prajurit, PNS dan Persit, Selasa (3/7/2024) di satuan wilayah Kota Gorontalo, diantaranya satuan Kodim 1304/Gorontalo dan satuan Yonif 713/Satya Tama.

Kakumdam XIII/Merdeka Letkol Chk Dr.Chandra Matdung W.P.,S.H.,M.H., mengatakan penyuluhan hukum dilaksanakan bagi seluruh Satuan Kodam XIII/Merdeka ini merupakan tugas pokok Satuan Hukum Kodam XIII/Merdeka untuk memberikan pembinaan hukum bagi seluruh Prajurit, PNS dan Persit jajaran Kodam XIII/Merdeka.

MANTOS MANTOS

“Dengan adanya Corps Hukum TNI Angkatan Darat, kehadiran kita mempunyai harapan besar agar seluruh Prajurit, PNS dan keluarganya merasa terlindungi, karena kita datang bukan hanya sebagai atasan, namun sebagai Penasihat Hukum dengan bahasa lain di masyarakat umum Lawyer atau Pengacara,” ujar perwira menengah lulusan Akmil tahun 2002 itu.

Sementara itu, Dandim 1304/Gorontalo yang diwakili Kasdim 1304/Gorontalo Letkol Arm Mansur Saiu menyampaikan, penyelenggaraan penyuluhan hukum ini sebagai bekal ilmu pengetahuan hukum, agar Prajurit dan Persit memahami tata peraturan perundang undangan dan update produk perundangan yang ada, sehingga prajurit dapat melaksanakan tugas dan menjadi baik sesuai dengan perintah dari Komando Atas.

Baca Juga:  Danrem 133/Nani Wartabone Pimpin Sertijab Danyonif 713/Satya Tama

“Diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan sikap berhati hati dan selalu mawas diri dengan pengaruh lingkungan yang bertentangan dengan hukum, serta terciptanya keluarga prajurit yang taat hukum,” kata Kasdim.

Metode penyuluhan dengan teknik penyampaian yang unik dan tidak biasa, dengan mengunakan iringan musik di background presentasi serta alunan permainan gitar sesuai dengan lagu-lagu tema materi penyuluhan yang di bawakan Kakumdam XIII/Merdeka menambah antusias Prajurit dan keluarga peserta penyuluhan.

Setelah melaksanakan penyuluhan di Kodim 1304/Gorontalo Kakumdam XIII/Merdeka bergerak menuju Batalyon Infanteri 713/Satya Tama untuk memberikan asistensi Hukum secara langsung atau tatap muka kepada personel Yonif 713/Satya Tama.

Dalam kesempatan itu, Perwira Menengah dengan dua melati di pundaknya yang sebelumnya berdinas lama di Kopassus itu, mengungkapkan

Baca Juga:  Danrem Nani Wartabone Pimpin Tim Gabungan Evakuasi Korban Tanah Longsor di Desa Tulabolo

“Sebagai Kakumdam yang baru menjabat 2 bulan, Asistensi Hukum ini penting, karena saya dapat melihat dan bertatap muka secara langsung dengan para prajurit di lapangan, bukan hanya dalam persidangan, namun juga di luar persidangan untuk mengetahui sekaligus belanja masalah untuk sama-sama mencari solusi,” ungkap Putera kelahiran Kabupaten Tulungagung tersebut.

Dia juga menyampaikan kepada para Perwira beberapa materi penting diantaranya Hukum Sebagai Fungsi Komando yang dapat mencegah dan mengatasi pelanggaran di satuan-satuan TNI AD.

Di tempat yang sama, Danyonif 713/Satya Tama Letkol Inf Ambariyantomo, S.Hub.Int menyambut baik dan mendukung kegiatan asistensi tersebut diharapkan agar kegiatan ini dilaksanakan secara kontinyu.

“Kegiatan ini merupakan hal positif yang sangat berguna bagi semua personel Yonif 713/Satya Tama,” kata Danyonif.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Kakumdam XIII/Merdeka juga membagikan buku-buku untuk menambah Literasi di Yonif 713/Satya Tama. (Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agama

MINAHASA,MANADONEWS.CO.ID- Dalam suasana khidmat dan sederhana, Satuan Teritorial Kodim 1302/Minahasa menggelar kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Mushollah Al Muhajirin Makodim 1302/Minahasa, Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Kecamatan…