BudayaDaerahNusa UtaraPariwisataPemerintahanPilihan RedaksiSangiheSulawesi Utara

Penjabat Bupati Sangihe Albert Wounde Buka Festival Nusa Tabukan

×

Penjabat Bupati Sangihe Albert Wounde Buka Festival Nusa Tabukan

Sebarkan artikel ini
Penjabat Bupati Kabupaten Sangihe Albert Huppy Wounde SH.MH di Pelabuhan Laut Bukide-Nipa

Tahuna, MANADONEWS.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Republik Indonesia ke-79 tahun dan Hari Ulang Tahun Kecamatan Nusa Tabukan ke-22, pemerintah kecamatan menggelar Festival Nusa Tabukan.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Kabupaten Sangihe Albert Huppy Wounde SH MH mengapresiasi dan mengucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Nusa Tabukan bersama Panitia yang telah bekerja keras untuk terlaksananya kegiatan Festival Nusa Tabukan dengan kegiatan utamanya Lomba Perahu Tradisional.

MANTOS MANTOS

“Sebagai beranda terdepan NKRI yang terdiri dari 105 pulau, yang 79 di antaranya tidak berpenghuni, dengan luas laut sebesar 93,8% dari luas daratan hanya sebesar 6,2% dari total keseluruhan wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal ini tentulah menggambarkan bahwa daerah kita ini merupakan daerah yang di dominasi lautan yang tentunya berdampak langsung terhadap masyarakat pesisir Kepulauan Sangihe yang di dominasi oleh nelayan,” katanya.

Baca Juga:  GMP Putri Tabukan Lama Ragukan Cinta GMP Sasiritang Lehupu

Lanjut Albert, hal tersebut secara tidak langsung turut menggambarkan bahwa daerah yang kita cintai ini merupakan daerah yang memiliki objek wisata bahari yang tidak kalah indahnya di bandingkan dengan daerah-daerah yang lain.

“Saya memandang kegiatan yang di laksanakan saat ini sebagai salah satu pilihan yang tepat, di mana melalui lomba ini menjadi media positif yang dapat membawa dampak yang baik bagi perkembangan kecintaan masyarakat terhadap perahu traditional sebagai salah satu penunjang kehidupan ekonomi masyarakat di daerah ini,” ujarnya Senin (05/08/2024).

Ketua TP-PKK Kabupaten Sangihe Josephine Tacoh Membagikan Bendera Merah Putih di wilayah perbatasan.

Selain  itu, perlombaan ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi semata, namun ini menjadi motivasi untuk menumbuhkan jiwa sportivitas dan kebersamaan serta menjalin persaudaraan antar masyarakat.

“Karena itu yang terpenting dalam perlombaan ini, bukanlah terletak pada persoalan menang atau kalah, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita mengisi kemerdekaan negara dan bangsa ini yang ke-79 tahun dan Hari Ulang Tahun Nusa Tabukan ke-22 dengan semangat kebersamaan dan jiwa persatuan yang mencerminkan masyarakat sangihe yang religius dan berbudaya di kepulauan bahari ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Albert Wounde Terima WTP

Penjabat Bupati berharap kegiatan tersebut untuk ke depannya terus di selenggarakan sehingga nilai-nilai budaya yang melekat dalam jiwa masyarakat Sangihe, masyarakat pelaut yang ulung, masyarakat yang mengedepankan budaya palose dalam semangat somahe kai kehage tetap Lestari.

“Serta lebih di kenal oleh daerah lain bahkan oleh negara lain bahwa di beranda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia ada bagian dari integral negara Indonesia, daerah yang aman, damai, indah yang patut di perhitungkan dan di kunjungi sebagai salah satu tujuan destinasi wisata,” tukasnya di Pelabuhan Laut Bukide-Nipa. (RikoTakaonselang)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *