Berita TerbaruBerita UtamaLingkungan HidupPertanianTNI

Ciptakan Ketahanan Pangan Satgas Pamtas Kewilayahan Motuliato Tanam Sayur di Sekitar Pos

×

Ciptakan Ketahanan Pangan Satgas Pamtas Kewilayahan Motuliato Tanam Sayur di Sekitar Pos

Sebarkan artikel ini

PAPUA,MANADONEWS.CO.ID– Sebagai bentuk wujud ciptakan ketahanan pangan di wilayah teritorial tugas, Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato menciptakan ketahanan pangan dengan membuka lahan pertanian di Pos Wuyuneri, Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu (8/9/2024).

Terlihat tidak hanya siap dalam menjalankan tugas sebagai penjaga perbatasan Papua, para prajurit ini mampu mengolah lahan tidur yang ada di sekitar pos jaga mereka menjadi lahan produktif.

MANTOS MANTOS

Dansatgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato Letkol Inf Dwi Hertanto mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah perbatasan Papua, Pos Wuyuneri Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato memanfaatkan lahan kosong untuk menanam berbagai macam sayuran.

Baca Juga:  Anak Stunting Dibantu Saat TMMD ke-121 Kodim 1302/Minahasa

Dengan berbekal keterampilan berkebun di satuan, personel Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715 menerapkan keahliannya untuk menghidupkan kembali lahan kosong di sekitar pos untuk dijadikan sebagai lahan produktif.

“Ini sebagai wujud perhatian kami dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, dan meningkatkan kesejahteraan warga dengan memanfaatkan lahan yang masih kosong supaya dapat menghasilkan komoditi yang bernilai ekonomi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, nantinya hasil panen sayuran selain dimanfaatkan oleh para prajurit sendiri juga sebagian besar hasil panen akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Selain menjadi bentuk kemandirian dari prajurit, hasil panen sayuran pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat meringankan pengeluaran harian dan membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga akan sayuran yang sehat,” tandas Dwi Hertanto.

Baca Juga:  Sadis! TKDN Dibawah 20% Bisa Menang Tender. PPK di Dinkes Sulut Tabrak Aturan

Letda Inf Fahrian Fuad saat memimpin kegiatan menyampaikan bahwa di sela-sela tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan Papua, personel Pos Wuyuneri juga mengembangkan potensi dalam bidang berkebun guna memanfaatkan lahan kosong sekitar pos.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, kehadiran Satgas di tengah masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi sehingga kemanunggalan TNI-rakyat selalu ada dan nyata,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pos Wuyuneri memanfaatkan lahan kosong agar produktif dengan menanami sayur-sayuran seperti Sayur Kangkung, Terong, Cabai, Timun, Bawang Merah, dan Ubi. (Regwilnnlhy)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *