Berita TerbaruBerita UtamaBitungPertanianSulawesi UtaraTNI

KASAD Maruli Tanam Perdana Jagung di Lahan Ketahanan Pangan Kodim 1310/Bitung

×

KASAD Maruli Tanam Perdana Jagung di Lahan Ketahanan Pangan Kodim 1310/Bitung

Sebarkan artikel ini

BITUNG,MANADONEWS.CO.ID- Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan kegiatan gerakan nasional ketahanan pangan, penanaman Jagung perdana di lahan ketahanan pangan Kodim 1310/Bitung seluas 300 hektar di Desa Kema 1, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (13/9/2024).

TNI Angkatan Darat khususnya Kodim 1310/Bitung Korem 131/Santiago Kodam XIII/Merdeka telah melakukan berbagai langkah strategis untuk mendukung program pemerintah, termasuk melalui program unggulan TNI Angkatan Darat seperti TNI AD Manunggal Air, Bersatu dengan Alam dan Ketahanan Pangan.

MANTOS MANTOS

Dalam sambutannya, Jenderal bintang empat tersebut mengatakan sangat bahagia bisa melakukan kunjungan di Sulawesi Utara. Pasalnya sudah berapa kali dirinya ingin datang ke sini namun selalu tercancel terus karena kegiatan di Jakarta.

“Kebetulan kemarin baru ada kegiatan dari IKN langsung saya terbang kesini daripada gagal-gagal terus, saya pengen ketemu juga dengan anggota saya disini dan juga masyarakat Sulawesi Utara,” katanya.

KASAD menyampaikan, secara tugas pokok kedatangannya untuk melihat langsung bagaimana anggotanya bekerja sama dengan pemerintah daerah serta instansi terkait dan membantu masyarakat di wilayah tugas.

“Saya melihat bahwa mereka sudah berusaha untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah, pihak Kepolisian, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara serta terlebih khusus lagi adalah bersama-sama dengan masyarakat. Selain itu juga saya sudah sering mendengar bahwa Sulawesi ini salah satu Propinsi yang terbaik bisa menjaga kestabilan ekonomi pasca Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga:  Dandim 1315/Kabupaten Gorontalo Bersama Ketua Persit Serahkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir

Lebih lanjut disampaikan KASAD, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah, dan juga sebagai bentuk pengembangan program-program TNI dengan kelompok tani dan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sektor pertanian dan ketahanan pangan.

“Pertanian adalah ujung tombak untuk keberlanjutan suatu wilayah. Banyak negara-negara menghentikan ekspor hasil taninya untuk mencukupi kebutuhan pangan di negaranya, jadi walaupun kita punya uang belum tentu nanti kita bisa beli makanya kita harus bisa membuat di dalam negeri sendiri,” imbuhnya.

Orang nomor satu di TNI Angkatan Darat ini, berharap hasil pertanian yang ada di Sulawesi Utara dapat mendukung kebutuhan di daerah yang lain termasuk IKN.

“Terima kasih terhadap upaya yang telah ditingkatkan sehingga program ketahanan pangan dapat terlaksana dan kiranya kerjasama antara instansi dapat terus dikembangkan agar program tersebut berhasil dan memberikan manfaat bagi kita semua sehingga dapat mensuport pangan ke daerah-daerah lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 1 Pemprov Sulut mengatakan atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang telah melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Sulut serta telah hadir bersama masyarakat Desa Kema untuk melaksanakan penanaman Jagung perdana.

Baca Juga:  Robby Dondokambey : Selamat Berpengucapan Syukur Seluruh Masyarakat Minahasa

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan dukungan dari TNI kepada Masyarakat, dan kiranya kunjungan kerja Bapak Kasad di Provinsi Sulawesi Utara ini akan memberi motifasi dan dorongan bagi komponen masyarakat dalam sektor pertanian,” tandasnya

Pada kesempatan itu, KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga meresmikan dan meninjau sistem pengairan kebun jagung metode Sprinkle Kodim 1310/Bitung Korem 131/Santiago, dengan ditandai penekanan tombol alarm, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako kepada Warakawuri dan masyarakat sekitar lokasi.

Kegiatan ini dihadiri Asops Kasad Mayjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru, Aslog Kasad Mayjen TNI Adisura Firdaus Tarigan, Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, Kapusbekangad Mayjen TNI Budi Handoyo, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kadispenad Brigjen TNI Wahyu Yudhayana, Waas Intel Kasad Brigjen TNI Moh Syamsul Arief, Dandenma Mabesad Brigjen TNI Suprayog, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI May Franky P. Sihombing, Danlanudsri Manado Marsma TNI Ramot Sinaga, Asisten 1 Pemprov Sulut Denny Manggala, Bupati Minut Joune Ganda, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem dan Dandim jajaran Korem 131/Santiago beserta tamu undangan. (Regwilnnlhy)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Steven Kandouw Hadir di Job Fair Unsrat 2024 Manado, Manadonews.co.id – Wakil Gubernur Sulut, Drs. Steven Kandouw, mengatakan niat mencari pekerjaan sebaiknya sejak awal perkuliahan.   Hal ini diungkapkan Steven…