Berita TerbaruBerita UtamaDaerahSulawesi TengahTNI

Pangdam XIII/Merdeka Resmi Tutup Latihan Lapangan Korem 132/Tadulako TA 2024

×

Pangdam XIII/Merdeka Resmi Tutup Latihan Lapangan Korem 132/Tadulako TA 2024

Sebarkan artikel ini

PALU,MANADONEWS.CO.ID– Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Candra Wijaya, secara resmi menutup kegiatan Latihan Lapangan “Perisai Bumi-24” Penanggulangan Bencana Korem 132/Tadulako, yang dilaksanakan di Yonif 711/Raksa Tama, Jl Emy Saelan, Kota Palu, Jumat (20/9/2024).

Latihan tersebut sebagai bagian dari kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam, terutama gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi.

MANTOS MANTOS

Latihan yang dilaksanakan selama beberapa hari itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit dalam menghadapi ancaman bencana alam, yang sering terjadi di wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Candra Wijaya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Penyelenggara dan Pendukung serta segenap Prajurit Korem 132/Tadulako yang telah menunjukkan semangat yang tinggi untuk melaksanakan Latihan Lapangan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga:  Jaga Kesehatan Jasmani, Satgas Yonif 715/Motuliato Laksanakan Pembinaan Fisik di Kabupaten Puncak Jaya

“Kita harus selalu siap dan tanggap dalam setiap situasi, terutama ketika bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami dapat terjadi sewaktu-waktu. TNI bersama-sama dengan instansi terkait, harus mampu memberikan respon yang cepat dan tepat demi menyelamatkan sebanyak mungkin jiwa serta meminimalisir kerugian yang ditimbulkan,” ungkap Pangdam.

Latihan Posko Lapangan itu melibatkan berbagai komponen TNI, Polri, dan instansi pemerintah daerah, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), serta unsur masyarakat lainnya.

Simulasi penanganan bencana difokuskan pada skenario gempa bumi besar yang berpotensi menimbulkan tsunami dan likuifaksi, seperti yang pernah terjadi di wilayah Palu dan Donggala beberapa tahun silam.

Baca Juga:  Ini Arahan Pangdam Merdeka saat Kunker ke Kodim Talaud

Diketahui, Latihan Lapangan itu merupakan salah satu bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesiapan dan profesionalisme keprajuritan, agar dapat berkembang menjadi seorang Prajurit TNI AD yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif).

Kegiatan ini dihadiri Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Deni Gunawan, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Achmad Marzuki, Kasrem 132/Tadulako Kolonel Inf Kolonel Inf Antonius Totok Chrishardjoko, Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Ryan Hanandi, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Danbrigif 22/Ota Manasa Kolonel Inf M. Effendi, para Kasi Kasrem 132/Tadulako, Gubernur Sulteng diwakili Ka BPBD Sulteng, Kapolda Sulteng diwakili Karo Ops Polda Sulteng dan para tamu undangan. (Regwilnnlhy/Rils)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Manado, Manadonews.co.id – Di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), pertanian jadi salah satu sektor yang mendapatkan perhatian serius. Wakil Gubernur Steven Kandouw menyerahkan bantuan…