Berita TerbaruBerita UtamaMinahasa

Meidy Tinangon Ungkap Sejarah Demokrasi di Tanah Minahasa

×

Meidy Tinangon Ungkap Sejarah Demokrasi di Tanah Minahasa

Sebarkan artikel ini

Tondano, Manadonews.co.id – KPU Sulut menggelar Media Gathering Persiapan Debat Publik/Terbuka Kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Pemilihan 2024 di Kantor KPU Minahasa, Rabu (23/10/2024) siang.

Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon, menerangkan praktik demokrasi sudah dilakukan di tanah Minahasa sejak lama.

MANTOS MANTOS

“Terkait kearifan lokal dan masyarakat adat, praktik demokrasi sudah dilaksanakan di tanah Minahasa jauh sebelum Indonesia merdeka,” jelas Meidy Tinangon.

Minahasa Raad (Dewan Minahasa) yang berkantor di pusat kota Manado, lanjut Tinangon, merupakan bukti masyarakat Minahasa telah terbiasa dengan praktik demokrasi.

“Mantan Ketua KPU RI Arief Budiman pernah mengatakan bahwa rakyat Minahasa pioner demokrasi di Indonesia,” tukas Tinangon.

Baca Juga:  KPU Sangihe Hadiri Rakor Tahapan Pencalonan Pilkada Tahun 2024

Ia menambahkan, KPU telah melakukan evaluasi kegiatan debat pertama di Kota Kotamobagu, mengantisipasi permasalahan teknis bekerja sama dengan pihak terkait.

“Evaluasi debat pertama, kami juga bekerja sama dengan PLN dan Telkom. Semua perangkat dijaga pihak kepolisian,” terang Meidy Tinangon.

Diketahui, debat kedua pasangan Cagub dan Cawagub Sulut Pilkada 2024 akan digelar di gedung Wale Ne Tou Tondano, sore nanti, mengangkat tema di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga, Kesejahteraan dan Inklusif Sosial.

Tema lainnya, Perlindungan Perempuan, Anak dan Disabilitas, Penguatan Demokrasi Lokal, Hukum dan HAM, Budaya, Kearifan Lokal dan Masyarakat Adat.

Media Gathering menampilkan narasumber dari pihak kepolisian, dihadiri seratus lebih wartawan. (Jy)

Baca Juga:  Pangdam XIII/Merdeka Terima Kunjungan Pangkogabwilhan II

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari MANADO NEWS di GOOGLE NEWS
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *