Berita TerbaruBerita UtamaManadoPilihan RedaksiSulawesi Utara

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Buka Secara Resmi Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam Merdeka

×

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Buka Secara Resmi Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Kodam XIII/Merdeka terus berupaya untuk meningkatkan komunikasi dua arah antara pimpinan Kodam dengan para Komandan Satuan (Dansat) secara langsung, berdasarkan itu Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya memimpin Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar jajaran Kodam XIII/Merdeka, Selasa (21/5/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Kegiatan yang melibatkan 80 peserta ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Kodam XIII/Merdeka, merupakan tindak lanjut dari Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Darat yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Bali Nusa Dua Convention satu bulan yang lalu.

MANTOS MANTOS

Dengan mengusung tema “Melalui Apel Dansat Kodam XIII/Merdeka Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Guna Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju di Wilayah Kodam XIII/Merdeka”.

Pangdam XIII/Merdeka dalam amanat menyampaikan bahwa apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka ini bertujuan, untuk membangun komunikasi dua arah, antara Pimpinan dengan para Komandan Satuan secara langsung. Selain itu guna meyakinkan pemahaman para Dansat terhadap pokok pokok kebijakan Pimpinan TNI AD, termasuk di dalamnya kebijakan Pimpinan Kodam XIII/Merdeka, serta meningkatkan peran dan profesionalisme para Dansat dalam pembinaan satuan.

Baca Juga:  Kajasdam Merdeka Terima Penghargaan Juara 1 Lomba Menembak Kapolda Cup HUT Bhayangkara ke-78

“Dengan dilaksanakan Apel Dansat TA 2024 ini, akan diperoleh kesamaan pola tindak dan sikap seluruh jajaran Kodam XIII/Merdeka terhadap kebijakan Pimpinan Kodam XIII/Merdeka dan untuk menjamin kesiapsiagaan dan kesiapan operasionalan suatu satuan, yang sangat tergantung dari proses pembinaan satuan yang baik dan benar,” kata Pangdam.

Pangdam mengungkapkan, melalui tema apel Komandan Satuan itu, dibutuhkan komitmen dari para Dansat untuk mengoptimalkan pembinaan satuan demi mewujudkan satuan dan prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA) sehingga siap operasional mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Kodam XIII/Merdeka.

“Disini peran seorang Dansat diuji, apakah saudara saudara mampu memaksimalkan potensi pengetahuan dan kemampuan yang saudara miliki serta mampu membuat kebijakan pembinaan satuan yang terbaik yang dapat mengoptimalkan potensi satuan,” ujar mantan Kadispenad tahun 2018-2020 itu.

Mantan Danpussenarhanud itu
juga menambahkan bahwa, komitmen pembinaan satuan harus terus kita pegang teguh, guna memantapkan dan meningkatkan kualitas satuan melalui kepemimpinan yang efektif dan efesien.

Baca Juga:  Satgas TMMD ke-121 Kerjasama Dengan Masyarakat Lakukan Pengecoran Plat Duiker Untuk Jalan Baru

“Saya ingatkan untuk para Dansat agar mampu menjadi contoh dan tauladan yang baik bagi para prajuritnya, dengan menumbuhkan kepedulian, kepekaan, integritas dan komunikasi yang intensif antara pemimpin dengan yang dipimpin. Untuk itu ikuti seluruh rangkaian kegiatan apel Dansat ini dengan penuh semangat dan motivasi, agar dapat terwujud Komandan Satuan yang profesional, berwawasan dan adaptif,” pungkas perwira tinggi TNI-AD yang sejak 21 Februari 2024 mengemban amanat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka itu.

Dalam apel Komandan Satuan Tersebar jajaran Kodam XIII/Merdeka itu menghadirkan narasumber dalam pembekalan yaitu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara, Bawaslu, Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan tentang Judi Online, serta dihadii oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, para Komandan Korem (Danrem) jajaran Kodam XIII/Merdeka, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama dan para Komandan Kodim (Dandim) serta Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam XIII/Merdeka. (Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *