Berita TerbaruBerita UtamaManadoPilihan RedaksiSulawesi Utara

Personel Kodim Manado Berikan Materi PBB dan Wasbang Kepada Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Manado

×

Personel Kodim Manado Berikan Materi PBB dan Wasbang Kepada Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Manado

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado dipercayakan untuk memberikan pelatihan Pendidikan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para siswa baru Poltekkes Kemenkes Manado, dalam rangka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) TA 2024-2025, Jumat (19/7/2024).

Kegiatan pelatihan ini merupakan bukti konkret kolaborasi antara Kodim 1309/Manado dan institusi pendidikan dalam rangka memberikan pembelajaran bagi mahasiswa melalui materi PBB, dengan harapan dapat mengembangkan kedisiplinan, kerja sama dan semangat kebersamaan.

MANTOS MANTOS

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono menyampaikan, pemerintahan Jokowi telah mencanangkan sejumlah program menuju Indonesia Emas 2045. Sejalan dengan itu, Kodim 1309/Manado meniti jalan menuju Manado Emas dengan peningkatan sumber daya manusia melalui program Babinsa mengajar di sekolah.

“Kita akan menuju Indonesia Emas 2045 atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu juga akan terjadi bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar,” ujar Dandim.

Baca Juga:  Pangdam Merdeka Tinjau Rehab Rumah Dinas Swakelola Asrama Kiban Yonif 712/Wiratama

Dia menambahkan kondisi bonus demografi itu bisa menjadi kekuatan namun juga kelemahan, jika banyaknya penduduk usia kerja itu tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai, karena itulah perlu disiapkan generasi emas yang nantinya terampil saat berada di tahun 2045 nanti.

Karena itu maka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) mencakup pengetahuan dan ketrampilan harus disiapkan dari saat ini, termasuk mulai dari kalangan siswa SD dan SMP yang nantinya akan memasuki usia produktif di tahun 2045 saat terjadi bonus demografi itu.

“Kami ingin membentuk SDM agar dari sekarang tahu akan wawasan kebangsaan, nilai-nilai kebangsaan, rasa bela negara, rasa persatuan dan kesatuan, serta rasa memiliki Indonesia,” ujar Teddy.

Baca Juga:  Peringati HUT ke-78 Bintal TNI AD Bintaljarahdam Merdeka Ziarah ke Makam Pahlawan

Sementara itu, Serka Adi selaku pelatih menjelaskan bahwa, kegiatan ini merupakan sala satu upaya untuk melatih para siswa-siswi lebih mencintai tanah air dan juga menghargai jasa para pahlawan terdahulu.

“Kegiatan difokuskan pada PBB dengan mengajarkan materi sikap sempurna, istirahat, lencang kanan atau kiri dan setengah lencang kanan atau kiri, lencang depan, berhitung, perubahan arah, (hadap serong kanan atau kiri, Balik kanan), membuka atau menutup barisan, bubar, berhimpun, berkumpul, meninggalkan barisan serta gerakan berjalan langkah biasa dan langkah tegap. Serta memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) guna menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini serta rasa kekeluargaan, tentunya untuk menjaga persatuan serta kesatuan bangsa,” pungkas Serka Adi. (Regwilnnllhy)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *