Berita TerbaruBerita UtamaHukum & KriminalManadoPilihan RedaksiSulawesi Utara

Pangdam Merdeka Hadiri dan Saksikan Latihan Simulasi Sispamkota Pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2024

×

Pangdam Merdeka Hadiri dan Saksikan Latihan Simulasi Sispamkota Pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya hadiri latihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan penyelenggaraan rangkaian pelaksanaan pengamanan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, bertempat di Pohon Kasih Kawasan Mega Mas Keluarahan Wenang Selatan Kecamatan Wenang Kota Manado, Rabu (21/8/2024).

Sispamkota ini digelar dalam rangka kesiapan TNI-Polri serta instansi terkait dalam menanggulangi ancaman dan gangguan Kamtibmas terutama dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di wilayah hukum Polresta Manado.

MANTOS MANTOS

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menegaskan pentingnya persiapan yang matang dalam menghadapi Pilkada tahun 2024 serta kerja sama semua pihak terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada.

Baca Juga:  Semangat Lansia Desa Kayuwatu Bantu Satgas TMMD ke-121 Kodim Minahasa

“Dengan kerjasama yang baik antara Aparat Keamanan (Apkam) dan pihak terkait lainnya, kita akan dapat mengamankan tahapan Pilkada dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan mengatakan, latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) seperti ini juga akan dilakukan di Polres-Polres jajaran lainnya.

“Saat ini latihan Sispamkota dilaksanakan di Polresta Manado, dan juga nanti akan dilaksanakan di Polres-Polres jajaran lainnya,” kata Kapolda.

Dia juga berpesan kepada seluruh personel yang akan bertugas dalam pengamanan Pilkada mendatang agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Saya pesan kepada seluruh anggota yang akan bertugas agar menjaga kesehatan dan ikuti arahan serta perintah dari pimpinan,” pungkasnya.

Dalam latihan Sispamkota tersebut, dilakukan simulasi pengamanan yang diperagakan oleh personel gabungan TNI-Polri, antara lain simulasi pengamanan dan pengawalan VIP, kampanye rapat umum, masa tenang, pemungutan suara, dan pengamanan penanganan unjuk rasa.

Baca Juga:  Brigjen TNI Wakhyono Tutup Latihan Posko I Korem 132/Tadulako

Kegiatan ini dihadiri Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan, Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI May Franky Pasunan Sihombing, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Bahagia Dachi, Dansat Brimob Polda Sulut Kombes Pol Agung Anggoro, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait, Kasitahwildirga Dispotdirga Lanudsri Manado Letkol Kes Jhoni Gumansalangi, Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Ardiles Mario Revelino Mewoh, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulut Fery Sangian, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Manado Nofri Oroh, para PJU Polda Sulut dan PJU Polresta Manado. (Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *