Berita TerbaruBerita UtamaManadoPendidikanPilihan RedaksiSulawesi Utara

Staf Teritorial Kodam Merdeka dan SMP Kr Eben Haezar 2 Manado Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pancasila di Makodam XIII/Merdeka

×

Staf Teritorial Kodam Merdeka dan SMP Kr Eben Haezar 2 Manado Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pancasila di Makodam XIII/Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Generasi muda merupakan tonggak estafet pembangunan dalam mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. Oleh sebab itu, generasi muda wajib menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang berlandaskan ideologi Pancasila serta mampu mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Pada Jumat (23/8/2024) pagi, sekitar pukul 08.00 WITA, Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka tampak memunculkan vibes yang berbeda. Nuansa ramai namun teratur, kuat tetapi tetap terarah. Sebanyak 450 siswa-siswi SMP Kr Eben Haezar 2 Manado mengikuti kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan (wasbang) yang diselenggarakan Staf Teritorial Daerah Militer (Sterdam) XIII/Merdeka dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kr Eben Haezar 2 Manado.

MANTOS MANTOS

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto S. Sos, M.M yang menjadi pemateri menyampaikan materi wawasan kebangsaan (wasbang) yang dikaitkan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimana program tersebut bertujuan untuk membentuk pelajar Indonesia khususnya siswa-siswi SMP Kr Eben Haezar 2 Manado yang dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan pemberian wawasan kebangsaan ini dilakukan sebagai upaya berbagi ilmu pengetahuan kepada adik-adik siswa sebagai generasi penerus dan pemimpin bangsa kedepan,” katanya.

Dikatakan mantan Komandan Kodim 1607/Sumbawa ini, bahwa di era arus globalisasi dan perkembangan teknologi memberikan dampak positif dan negatif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu menurut Aster menjadi perhatian kita bersama, baik orang tua, tenaga pendidik maupun instansi terkait dengan harapan terhindar dari pergaulan yang dapat membahayakan hidup generasi muda seperti pergaulan bebas, Narkoba maupun kenakalan remaja lainnya.

Baca Juga:  Kakumdam Pimpin Tradisi Penerimaan Personel Baru dan Pelepasan Prajurit Kumdam Merdeka

“Melalui kegiatan ini kita harapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara, dan menjadi momentum berharga untuk bisa mewujudkan generasi yang mencintai bangsanya, mencintai sejarah bangsa Indonesia, serta membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar demi terwujudnya Indonesia Emas di tahun 2045. Selamat berjuang meraih mimpi, kamu pasti bisa,” tandas mantan Komandan Resimen Armed 1 Kostrad itu.

Usai kegiatan, Kepala Sekolah SMP Kr Eben Haezar 2 Manado Gladies Pandaleke mengucapkan terima kasih kepada Aster Kasdam XIII/Merdeka yang telah memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi kami dan berharap semoga kerjasama ini dapat berlanjut ke depan dan semakin meningkat.

“Kami tentunya merasa senang karena ada pengalaman belajar baru buat anak-anak. Mereka tidak hanya belajar di dalam kelas, belajar tentang bagaimana jadi siswa yang cinta Indonesia, menjaga kesatuan Republik Indonesia tapi dengan adanya pengalaman belajar datang ke Markas Kodam XIII/Merdeka, kami belajar secara langsung dan mendengar dari orang yang sudah berpengalaman. Diharapkan ini nantinya bisa menginspirasi anak anak untuk mengejar cita-cita mereka bisa berguna buat Bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bersama Kapolsek dan Danramil, Camat Pineleng Lakukan Kamtibmas Jelang Pengucapan Syukur

Dia menambahkan, sejak kami menggunakan kurikulum Merdeka ada yang namanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ada 7 tema yang diberikan yakni Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhineka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI dan Kewirausahaan.

“Kami pilih 1 tema tentang Bhinneka Tunggal Ika, yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak supaya mereka juga mencintai indonesia, serta ini juga merupakan wujud nyata penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” ujarnya.

Salah satu perwakilan siwa SMP Kr Eben Haezar 2 Manado mengungkapkan, rasa senang mendapatkan wawasan baru sekaligus menjadi tantangan tersendiri karena sebagai pelajar jadi tahu bahwa negara memiliki harapan besar bagi generasi-generasi penerusnya. Tetap semangat demi membuat Indonesia lebih baik.

“Saya selaku pelajar akan berkontribusi dengan belajar sungguh-sungguh,” ujar siswa kelas VII SMP Kr Eben Haezar 2 Manado tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri Waaster Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Aditiyo, para pejabat Sterdam XIII/Merdeka, Wakil Kepala Sekolah Eduard Owandity, Gembala SMP Kr Eben Haezar 2 Manado Ev Amelius Tilaar dan para guru-guru kelas VII sampai dengan IX SMP Kr Eben Haezar 2 Manado. (Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *